Pasca mengikuti Bimtek Penerapan sistem Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik (e-RKAM) kemarin, Tim Inti Madrasah MTs DDI Cilellang mengambil langkah cepat dengan melakukan rapat tim pengembang madrasah, Senin (18/1/2021) di Madrasah setempat.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah  MTs DDI Cilellang, Muh. Nasir, S.Pd.I, MA, dan dihadiri para guru dan staf. Dalam arahannya, Muh. Nasir mengatakan, MTs DDI Cilellang telah mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah KanKemenag Barru selama lima hari. Kegiatan tersebut diikuti Para kepala Madrasah, Bendahara dan Operator dari setiap madrasah yang disebut Tim Inti Madrasah.

“Terkait rapat kali ini, kami sengaja mengumpulkan bapak ibu guru dan staf dalam rangka memberikan pembimbingan penerapan sistim EDM dan aplikasi E-RKAM,  sekaligus membahas terkait langkah-langkah apa yang harus kita tempuh  guna menjadikan Madrasah ini lebih bermutu,”ucap Nasir.

Sementara itu, Bendahara MTs DDI Cilellang, Supriadi, S.Pd, MM, mengatakan Program EDM dan e-RKAM sendiri merupakan inovasi dari Kementerian Agama menuju integrasi data.

Melalui EDM,  kata Supriadi, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan  yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan  digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

“Semoga melalui sistem ini, pihak madrasah akan dimudahkan dalam menjalankan anggaran baik yang bersumber dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) atau lainnya, dalam rangka pemenuhan standar nasional pendidikan,” ujar Supriadi. (top)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *